Nama : Mochammad Firman Hidayatullah Kelas : B1 ilmu komunikasi /4 Nim : 182022000124
1.) PEMASARAN : sebuah konsep menagement yang mendesain seluruh aspek komunikasi pemasaran ( iklan, promosi, dan penjualan ). PASAR : tempat terjadinya pertukaran nilai / nilai ( sesuatu yang berguna dan bermanfaat, pasar potensial ( pasar yang terprediksi terjadinya pertukaran nilai). PEMASAR : orang yang mencari pasar potensial ( menyampaikan dan mempertukarkan nilai barang / jasa ). 2.) Pada saat jaman dahulu awal mula komunikasi pemasaran yaitu menggunkan teknik barter yang di terapkan pertama kali oleh pelaut persia, teknik barter itu sendiri ialah teknik pertukaran antara barang dengan barang yang memiliki nilai yang sama.
Seiring perkembangannya jaman akhirnya terciptalah perak, uang koin dan uang kertas sebagai pengganti nilai suatu barang. Dengan adanya uang ini masyarakat menjadi lebih mudah untuk mengukur suatu nilai barang, di samping ada perkembangan uang perkembangan pasar juga semakin melesat cepat pada tahun 1906 pada saat marketing muncul.
Dan pada saat modern seperti saat ini perkembangannya sudah sangat maju sekalidi jaman sekarang ini bahkan seseorang tidak perlu keluar rumah untuk membeli barang atau kebutuhan yang mereka butuhkan tepi mereka bisa langsung ke toko online yang ada di gadget mereka masing masing.
3.) Place PLACE PRODUSEN KONSUMEN Place PLACE PRODUSEN DISTRIBUSI TOKO/PASAR KONSUMEN STRATEGI PEMASARAN YANG KE 2 1. Advertising : PERIKLANAN yang di bayar oleh pihak perusahaan langsung pada suatu media. 2. Sales Promotion : PROMOSI yang pertujuan untuk menigkatkan keinginan target konsumen untuk membeli suatu produk. 3. Public Relation & Publicity : HUBUNGAN DENGAN MASYARAKAT UMUM. 4. Personal Selling : HUBUNGAN LANGSUNG, hub langsung antara pihak perusahaan dengan konsumen. 5. Direct Marketing : HUBUNGAN LANGSUNG, hub langsung antara pihak perusahaan dengan konsumen melalui media seperti email. 6. Sponsorship : SPONSOR UNTUK KEGIATAN ACARA. 7. Corporate Identity : PENCITRAAN. 8. Packaging : KEMASAN PRODUK PENARIK MINAT. 9. Poin of Sale and Merchandising : DISPLAY PRODUK, pembuatan spanduk,poster,stiker. 10. Word of Mouth : INFORMASI DARI MULUT KE MULUT.
4.) Inti pemasaran yang perlu di prioritaskan : PLACE : tempat disini tempat menjadi salah satu hal yang wajib di prioritaskan karena tempat menentukan produk itu akan laku atau tidaknya kalau di jual di tempat tersebut. PRICE : disinilah letak tolak ukur perusahaan itu bisa di katakan berhasil mengelolah produk dengan baik atau tidak. PROMOSI : yang terakhir yaitu promosi, promosi ini di lakukan untuk meningkatkan keinginan konsumen dengan suatu barang tersebut. 5.) Seorang pemasar harus tahu terlebih dahulu target mereka apakah anak kecil, remaja, orang dewasa atau bahkan orang tua, pemasar harus lebih selektif lagi media mana yang biasanya paling sering di gunakan oleh target pasar mereka. Tetapi disini bukan merupakan hal yang baru lagi disini media yang paling sering di pakai oleh semua khalayak yaitu media gadget dan media online seperti sosmed, olshop dan juga browser yang di gunakan mereka, tetapi tidak menutup kemungkinan di luar sana masih ada orang yang gaptek atau gagap internet, maka oleh karena itu pemasar harus lebih pintar-pintar lagi memilih media mana yang lebih cocok di gunakan untuk produk penjualan mereka.
UTS KOMUNIKASI PEMASARAN Nama : Brama Gilang R Kelas : B1 ilmu komunikasi /4 Nim : 182022000097
1. Konsep Pemasaran : sebuah menagement yang mendesain seluruh aspek komunikasi pemasaran termasuk iklan, promosi, dan penjualan. Pasar : tempat terjadinya pertukaran nilai , barang dan jasa. Pemasar : orang yang mencari pasar potensial. 2. Persaingan dan perkembangan teknologi telah mempercepat evolusi pemasaran yang berfokus produk ke layanan yang juga berevolusi. Dalam beberapa dekade terakhir, terhadi pergeseran fokus pada produk dan merek manajemen untuk membangun hubungan pelanggan pemasaran dan akhirnya menciptakan pengalaman pelanggan yang menarik melalui strategi experiential marketing. Dalam bahasa Kotler (2003), saat ini terdapat dua jenis pemasaran, pemasaran tradisional dan pemasaran modern. Pemasaran modern telah mengambil alih pemasaran tradisional karena menekankan pada konsep pengalaman pelanggan dan experiential marketing. Perbedaan utama antara pemasaran tradisional dan pemasaran modern terletak pada fokusnya. Bila pemasaran tadisional tradional berfokus pada fitur produk dan benefitnya, pemasaran modern berfokus pada pengalaman pelanggan secara menyeluruh.itulah mengapa pasar mpdern bisa berkembang secara pesat.
3. STRATEGI PEMASARAN. Advertising : Periklanan yang di bayar oleh pihak perusahaan langsung pada suatu media. Sales Promotion : Sales promotion yang pertujuan untuk menigkatkan keinginan target konsumen untuk membeli suatu produk. Public Relation & Publicity : Hubungan langsung sebagai humas dengan masyarakat umum. Personal Selling : hubungan langsung antara pihak perusahaan dengan konsumen dengan cara meeting atau sebagainya. Direct Marketing : hubungan langsung antara pihak perusahaan dengan konsumen melalui media seperti email, telepon maupun social media lain. Sponsorship : Sponsor untuk penunjang kegiatan acara. Corporate Identity : Pencitraan untuk menunjang pasar. Packaging : Kemasan produk untuk menarik perhatian pelanggan pasar. Poin of Sale and Merchandising : Pembuatan marchendise ,poster , banner dll. Word of Mouth : infomasi dari mulut ke mulut. 4. Inti pemasaran yang perlu di prioritaskan : PLACE : tempat yang startegis dan dekat dengan keramaian menjadi prioritas utama pemasaran. PRICE : harga disini harus dioptimalkan dengan harga pasar potensial sekarang. PROMOSI : Promosi barang dengan iklan yang menarik atau sales yang cerdas bisa menambah ketertarikan pelanggan pasar. 5.) Seorang pemasar harus tahu dahulu target pasar mereka apakah anak kecil, remaja, orang dewasa atau bahkan orang tua, pemasar harus lebih selektif lagi memilih media mana yang paling sering di gunakan oleh target pasar mereka. dan tertunya harga yang diberikan pemasar harus sesuai juga dengan target pasar.
NAMA : FIQIH ARINA RAHMAH NIM : 182022000027/ B1/ILMU KOMUNIKASI/ SEMESTER 4 1. Pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegitan – kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistibusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang mampu pembeli potensial. Pemasaran dimuali dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian tubuh menjadi keinginan manusia. Pasar adalah tempat untuk semua orang bertemu dan saling komunikasi antar pedagang dan pembeli atau bisa juga pedangan dan konsumen. Pasar juga dapat diartikan sebagai tempat terjadinya pertukaran nilai dengan suatu barang atau jasa yang dilakukan antar penjual dan pembeli . Pemasar adalah sesorang yang mencari sumber daya dari orang lain dan bersedia menawarkan sesusatu sebagai imbalan. Dengan demikian sesorang pemasar mengharapkan tanggapan dari pihak lain, baik dalam bentuk penjual dan pembeli. 2.Memasuki awal tahun 1990 an kegiatan bisnis, khususnya pemasaran tidak lagi mencakup kegitan strategi pemasaran tradisisonal, malainkan mencakup pada strategis pemasaran modern dengan konsep 4P yaitu product (produk), price(harga), place(tempat), dan promotion (promosi) kemunculan stategis 4P Yang menandai munculnya komunikasi pemasaran terpadu dengan tidak hanya mengunakan iklan melainkan menggunakan PR. 3.Komunikasi pemasaran dipelajari untuk membangun komunikasi antar penjual kepada pembeli agar mereka mau membeli produk yang kami pasarkan kepada konsumen. Sebagai sarana untuk menawarkan suatu barang kepada calon konsumen. Komunikasi pemasaran juga dapat mendekatkan konsumen terhadap produk yang akan di jual. Bahkan bias menjadi sarana bertukar pendapat dan memberi kritik dan saran yang membangun untuk memajukan produk dagangan kita. Ada 3 cara untuk melakukan interakasi dengan calon pembeli : Face to face komunikasi langsung antara penjual dan pembeli. Komunikasi yang memperkenalkan langsung produk dan menawarkan produk kepada calon konsumen Media cetak komunikasi melalui media cetak untuk memasarkan suatu produk. Komunikasi yang dilakukan dengan media ini kita perlu membutuhkan dana untuk melakukan pola media cetak ini seperti brosur, koran, majalah, dan spanduk Internet menjadi salah satu saran untuk memperkenalkan produk kita kepada para konsumen 4.Konsep inti pemasaran : Kebutuhan, keingainan, permintan Produk (barang dan jasa ) Nilai, biaya, dan kepuasan Pertukaran dan transaksi Hubungan dan jaringan Pasar Pemasar dan pembeli 5.Di zaman yang semakin modern ini tentunya saja banyak sekali hal yang berkembang semakin maju salah satu dalam basis periklanan atau promosi suatu produk atau jasa. Jika dahulu kita masih mengandalkan promosi secara manual dari mulut ke mulut, menyebarkan brosur dan lain – lain. Pada era digital seperti sekarang ini kita dapat dengan mudah memasrkan barang atau produk yang kita jual ke masyarakat yang lebih luas dan juga menjangkau pasaran yang lebih besar. Kita bisa menjual barang atau produk bisa melalu aplikasi seprti shoppe, toko pedia, lazada,bukalapak blibli.com, dan JD.ID. Dari semua metode pemasaran ini, pastikan anda sudah memiliki gambaran metode yang aman yang pas yang bisa kalian terapkan untuk bisnis anda .
Nama : Ari Fradita Dewi Susanti Nim : 182022000001 Kelas : B1 / Semester 4 1. Konsep Pemasaran : adalah untuk mencapai tujuan organisasi tergantung pada penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran dengan memuaskan pelanggan secara lebih efektif dan efisien daripada yang dilakukan pesaing. Pasar : adalah orang-orang yang mempunyai kebutuhan dan keinginan untuk puas, uang untuk berbelanja dan kemauan untuk membelanjakannya. Pemasar : adalah individu yang melakukan kegiatan pemasaran. 2. Perkembangan pemasaran bermula ketika tahun 1900 terjadi sebuah revolusi industri secara besar-besaran dan mengubah cara atau perilaku masyarakat. Dimana sebelum terjadinya revolusi masyarakat masih mengenal cara berbisnis dengan ciri utama merkantilis atau berdagang, maka setelah revolusi perilaku bisnis masyarakat berubah menjadi kapitalis. Keadaan berubah menjadi kapitalis dikarenakan munculnya kekuatan baru didunia perdagangan, dimana banyak orang-orang yang memiliki uang yang banyak menggunakan uang mereka sebagai modal untuk membangun pabrik dan perusahaan. Tujuannya tidak lain adalah untuk memproduksi barang secara lebih cepat dan memperdagangkannya. 3. -Melakukan interaksi dengan calon konsumen dengan cara face to face maupun media sosial. -Memfokuskan pada fungsi pemasaran -Memfokuskn pada gaya hidup calon konsumen - Menekankan pada nilai yang ditawarkan -Menggunakan kalima yang menyentu emosi -Terus melakukan komunikasi dengan calon konsumen 4. –The Production concept (konsep produksi) -The Product concept (konsep produk) -The Selling concept (konsep penjualan) -The Marketing concept (konsep pemasaran) -The Customer concept (konsep pelanggan) -The Societal Marketing concept (konsep pemasaran sosial) 5. Pemasar memilih media sebagai saluran komuikasi karena dinilai biaya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk media tradisional, contoh seperti pmasar sebagai pemasang iklan cukup membayar sesuai dengan seberapa banyak orang yang membuka iklan mereka. Dibandingkan dengan media tradisional yang mengharuskan mereka membayar satu slot iklan yang harganya telah ditentukan oleh si pemiliki saluran.
Nama : Devina Finny M NIM : 182022000109 Kelas : B1 (Semester 4) Matkul : Komunikasi Pemasaran
Jawab ! 1. Konsep pemasaran : menyatakan bahwa kunci meraih tujuan perusahaan adalah memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen. Pemasaran bersandar pada empat pilar, yaitu pasar sasaran, kebutuhan pelanggan, pemasaran terintegrasi, dan profitabilitas.
Konsep pasar : menyatakan bahwa konsumen membeli produk jika perusahaan melakukan promosi dan penjualan yang menonjol.
Konsep pemasar : menyatakan bahwa seseorang yang mencari satu atau lebih calon pembeli yang akan terlibat dalam pertukaran nilai.
2. Dari Surat Pos (Direct-Mail) Menuju Surat Elektronik (E-Mail), Pemasaran Surat Pos atau Direct-Mail adalah usaha pemasaran dengan menggunakan media berupa kartu pos, brosur, surat, dan selebaran yang dikirim melalui pos atau kurir. Namun, pemasaran direct-Mail terkesan mahal karena bisnis mengeluarkan desain dan biaya pencetakan serta biaya pengiriman. Dari Cetak (Print) Menuju Blog atau Situs Web, Pemasaran cetak atau print adalah tipe pemasaran yang menggunakan media surat kabar atau majalah dalam mempromosikan produk. Sebagai strategi pemasaran masal, iklan cetak menggapai kelas pelanggan yang lebih luas dan berbeda-beda secara acak. Di majalah, pemasaran cetak menjangkau segmen pelanggan yang terkategori secara spesifik. Seperti wanita, ayah, remaja, pecinta mobil, dan lainnya. Namun, seiring dengan berkembangnya teknologi informasi, media cetak sudah semakin ditinggalkan oleh publik. Bahkan beberapa perusahaan media berbasis cetak sudah beralih ke Blog atau web. Dari Siaran Televisi (Broadcasting) Menuju Online Video Advertising, Televisi dan radio adalah media yang dipakai dalam strategi pemasaran tradisional dan masih banyak digunakan saat ini. Pemasaran siaran menjangkau banyak pelanggan dalam jangka waktu terbatas. Media siaran menyampaikan pesan pemasaran melalui komunikasi secara lisan dan visual. Dalam usaha pemasaran berbasis visual, dewasa ini bisnis atau perusahaan sudah beralih menuju fitur Online Video Advertising. Fitur ini mewadahi bisnis untuk meluncurkan video pemasaran di berbagai kanal video online. Dari Telepon Menuju Gadget atau Smartphone, Sebelum era Handphone dan Smartphone menjamur, penggunaan telepon sebagai alat komunikasi jarak jauh masih digandrungi oleh publik. Menghubungi kerabat, reservasi restoran, dan tentunya melancarkan kegiatan pemasaran bisa dilakukan dengan menggunakan media telepon. Teknik ini pun masih digunakan oleh beberapa bisnis dan perusahaan sampai saat ini untuk menghubungi pelanggannya. Dibandingkan sekarang, publik sudah sangat tergantung oleh gadget atau smartphone akibat fleksibilitas dan berbagai kemudahan yang ditawarkan.
3. Melakukan interaksi secara intens dengan calon pembeli seperti face to face, melalui media cetak, internet. Fokus pada fungsi komunikasi pemasaran. Menentukan tujuan komunikasi.
4. Kebutuhan, Keinginan, dan Permintaan. Pasar Sasaran, Positioning dan Segmentasi. Penawaran dan Merek. Nilai dan Kepuasan.
5. Salah satu kunci sukses bagi seluruh bisnis dengan mengenal pelanggannya lebih dekat. Sosial media membuat proses pengenalan ini menjadi lebih mudah dibandingkan dengan sebelumnya. Dengan perangkat pendukung yang ada, kini bisa mengetahui dengan terperinci mengenai siapa saja konsumen, bahasa yang mereka gunakan, rentang usia, bahkan jenis kelamin dari sosial media. Informasi ini dapat membantu proses branding dan promosi kepada target konsumen yang tepat. Pelaku bisnis melihat bahwa pengguna internet menjadi sasaran empuk untuk bisnisnya ke depan. Pada era sekarang ini semakin lama semakin banyak yang menggunakan media sosial. Melihat jumlah pengguna yang semakin banyak, media sosial bisa menjadi lahan untuk menaikkan profit serta memperlebar sayap bisnis. Periklanan digital mulai menjadi tren di era internet. Para pemilik merek mulai menjadikan media digital sebagai media promosi dan pemasaran yang baru. Pada dasarnya media sosial telah mengubah bagaimana konsumen berinteraksi dan bagaimana perusahaan memasarkan produk.
Usman khamdani / 162022000130 Ilmu komunikasi - SMT 4 B1
Semiotika berasal dari bahasa Yunani “semeion” yang berarti tanda. Tanda-tanda tersebut menyampaikan suatu informasi sehingga bersifat komunikatf, mampu menggantikan suatu yang lain (stand for something else) yang dapat dipikirkan atau dibayangkan. Dalam perkembangan muncul tiga aliran dalam semiotika yaitu aliran semiotika komunikatif, konotatif, dan ekspnsif. Berdasarkan dasarnya (ground) tanda (sign) dibagi menjadi tiga jenis yaitu Qualisign, Sinsign, dan Legisign. Sedang berdasarkan jenisnya dibedakan menjadi ikon (icon), indeks (index, indice), dan simbol/lambang (symbol). Semiotika arsitektur mengajak kita untuk merenungkan berbagai hal yang terkait dalam bentuk arsitektur dan susunan tata ruang. Arsitek berkeinginan mengajak masyarakat awam untuk memahami karyana dengan cara berkomunikasi, oleh sebab itu diperlukan pemahaman dan pemakaian semiotika yang merupakan studi hubungan antara sign (tanda) dan bagaimana manusia memberikan meaning (arti). Berdasarkan semiotika, arsitektur dapat dianggap sebagai “teks”. Sebagai teks arsitektur dapat disusun sebagai “tata bahasa” (gramatika). Dalam semiotika arsitektur pesan yang terkadung (signified) dalam obyek terbentuk dari hubungan antara pemberi tanda (signifier) dan fungsi nyata atau sifat benda. Indeks merupakan sesuatu yang mempunyai hubungan menyatu dan bersebab-akibat antaraa signifier dan signified. Ikon adalah tanda yang menyerupai obyek yang diwakilinya atau menggunakan kesamaan ciri-ciri dengan apa yang dimaksud. Arti dari sebuah simbol adalah berdasarkan atas suatu kesepakatan atau konvensi. Jadi dalam sebuah simbol terdapat hubungan yang bebas antara the signified (arti yang dimaksud) dengan the signifier (rupa tanda). Melalui unsur komunikasi dalam Arsitektur arsitek menjadi lebih dekat dengan konteks geografis dan budaya setempat sehingga masyarakat tidak merasa asing dengan lingkungan binaannya sendiri.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusNama : Mochammad Firman Hidayatullah
BalasHapusKelas : B1 ilmu komunikasi /4
Nim : 182022000124
1.) PEMASARAN : sebuah konsep menagement yang mendesain seluruh aspek komunikasi pemasaran ( iklan, promosi, dan penjualan ).
PASAR : tempat terjadinya pertukaran nilai / nilai ( sesuatu yang berguna dan bermanfaat, pasar potensial ( pasar yang terprediksi terjadinya pertukaran nilai).
PEMASAR : orang yang mencari pasar potensial ( menyampaikan dan mempertukarkan nilai barang / jasa ).
2.) Pada saat jaman dahulu awal mula komunikasi pemasaran yaitu menggunkan teknik barter yang di terapkan pertama kali oleh pelaut persia, teknik barter itu sendiri ialah teknik pertukaran antara barang dengan barang yang memiliki nilai yang sama.
Seiring perkembangannya jaman akhirnya terciptalah perak, uang koin dan uang kertas sebagai pengganti nilai suatu barang. Dengan adanya uang ini masyarakat menjadi lebih mudah untuk mengukur suatu nilai barang, di samping ada perkembangan uang perkembangan pasar juga semakin melesat cepat pada tahun 1906 pada saat marketing muncul.
Dan pada saat modern seperti saat ini perkembangannya sudah sangat maju sekalidi jaman sekarang ini bahkan seseorang tidak perlu keluar rumah untuk membeli barang atau kebutuhan yang mereka butuhkan tepi mereka bisa langsung ke toko online yang ada di gadget mereka masing masing.
3.) Place
PLACE PRODUSEN KONSUMEN
Place
PLACE PRODUSEN DISTRIBUSI TOKO/PASAR KONSUMEN
STRATEGI PEMASARAN YANG KE 2
1. Advertising : PERIKLANAN yang di bayar oleh pihak perusahaan langsung pada suatu media.
2. Sales Promotion : PROMOSI yang pertujuan untuk menigkatkan keinginan target konsumen untuk membeli suatu produk.
3. Public Relation & Publicity : HUBUNGAN DENGAN MASYARAKAT UMUM.
4. Personal Selling : HUBUNGAN LANGSUNG, hub langsung antara pihak perusahaan dengan konsumen.
5. Direct Marketing : HUBUNGAN LANGSUNG, hub langsung antara pihak perusahaan dengan konsumen melalui media seperti email.
6. Sponsorship : SPONSOR UNTUK KEGIATAN ACARA.
7. Corporate Identity : PENCITRAAN.
8. Packaging : KEMASAN PRODUK PENARIK MINAT.
9. Poin of Sale and Merchandising : DISPLAY PRODUK, pembuatan spanduk,poster,stiker.
10. Word of Mouth : INFORMASI DARI MULUT KE MULUT.
4.) Inti pemasaran yang perlu di prioritaskan :
PLACE : tempat disini tempat menjadi salah satu hal yang wajib di prioritaskan karena tempat menentukan produk itu akan laku atau tidaknya kalau di jual di tempat tersebut.
PRICE : disinilah letak tolak ukur perusahaan itu bisa di katakan berhasil mengelolah produk dengan baik atau tidak.
PROMOSI : yang terakhir yaitu promosi, promosi ini di lakukan untuk meningkatkan keinginan konsumen dengan suatu barang tersebut.
5.) Seorang pemasar harus tahu terlebih dahulu target mereka apakah anak kecil, remaja, orang dewasa atau bahkan orang tua, pemasar harus lebih selektif lagi media mana yang biasanya paling sering di gunakan oleh target pasar mereka.
Tetapi disini bukan merupakan hal yang baru lagi disini media yang paling sering di pakai oleh semua khalayak yaitu media gadget dan media online seperti sosmed, olshop dan juga browser yang di gunakan mereka, tetapi tidak menutup kemungkinan di luar sana masih ada orang yang gaptek atau gagap internet, maka oleh karena itu pemasar harus lebih pintar-pintar lagi memilih media mana yang lebih cocok di gunakan untuk produk penjualan mereka.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusUTS KOMUNIKASI PEMASARAN
BalasHapusNama : Brama Gilang R
Kelas : B1 ilmu komunikasi /4
Nim : 182022000097
1. Konsep Pemasaran : sebuah menagement yang mendesain seluruh aspek komunikasi pemasaran termasuk iklan, promosi, dan penjualan.
Pasar : tempat terjadinya pertukaran nilai , barang dan jasa.
Pemasar : orang yang mencari pasar potensial.
2. Persaingan dan perkembangan teknologi telah mempercepat evolusi pemasaran yang berfokus produk ke layanan yang juga berevolusi. Dalam beberapa dekade terakhir, terhadi pergeseran fokus pada produk dan merek manajemen untuk membangun hubungan pelanggan pemasaran dan akhirnya menciptakan pengalaman pelanggan yang menarik melalui strategi experiential marketing. Dalam bahasa Kotler (2003), saat ini terdapat dua jenis pemasaran, pemasaran tradisional dan pemasaran modern. Pemasaran modern telah mengambil alih pemasaran tradisional karena menekankan pada konsep pengalaman pelanggan dan experiential marketing. Perbedaan utama antara pemasaran tradisional dan pemasaran modern terletak pada fokusnya. Bila pemasaran tadisional tradional berfokus pada fitur produk dan benefitnya, pemasaran modern berfokus pada pengalaman pelanggan secara menyeluruh.itulah mengapa pasar mpdern bisa berkembang secara pesat.
3. STRATEGI PEMASARAN.
Advertising : Periklanan yang di bayar oleh pihak perusahaan langsung pada suatu media.
Sales Promotion : Sales promotion yang pertujuan untuk menigkatkan keinginan target konsumen untuk membeli suatu produk.
Public Relation & Publicity : Hubungan langsung sebagai humas dengan masyarakat umum.
Personal Selling : hubungan langsung antara pihak perusahaan dengan konsumen dengan cara meeting atau sebagainya.
Direct Marketing : hubungan langsung antara pihak perusahaan dengan konsumen melalui media seperti email, telepon maupun social media lain.
Sponsorship : Sponsor untuk penunjang kegiatan acara.
Corporate Identity : Pencitraan untuk menunjang pasar.
Packaging : Kemasan produk untuk menarik perhatian pelanggan pasar.
Poin of Sale and Merchandising : Pembuatan marchendise ,poster , banner dll.
Word of Mouth : infomasi dari mulut ke mulut.
4. Inti pemasaran yang perlu di prioritaskan :
PLACE : tempat yang startegis dan dekat dengan keramaian menjadi prioritas utama pemasaran.
PRICE : harga disini harus dioptimalkan dengan harga pasar potensial sekarang.
PROMOSI : Promosi barang dengan iklan yang menarik atau sales yang cerdas bisa menambah ketertarikan pelanggan pasar.
5.) Seorang pemasar harus tahu dahulu target pasar mereka apakah anak kecil, remaja, orang dewasa atau bahkan orang tua, pemasar harus lebih selektif lagi memilih media mana yang paling sering di gunakan oleh target pasar mereka. dan tertunya harga yang diberikan pemasar harus sesuai juga dengan target pasar.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusNAMA : FIQIH ARINA RAHMAH
BalasHapusNIM : 182022000027/ B1/ILMU KOMUNIKASI/ SEMESTER 4
1. Pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegitan – kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistibusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang mampu pembeli potensial. Pemasaran dimuali dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian tubuh menjadi keinginan manusia.
Pasar adalah tempat untuk semua orang bertemu dan saling komunikasi antar pedagang dan pembeli atau bisa juga pedangan dan konsumen. Pasar juga dapat diartikan sebagai tempat terjadinya pertukaran nilai dengan suatu barang atau jasa yang dilakukan antar penjual dan pembeli .
Pemasar adalah sesorang yang mencari sumber daya dari orang lain dan bersedia menawarkan sesusatu sebagai imbalan. Dengan demikian sesorang pemasar mengharapkan tanggapan dari pihak lain, baik dalam bentuk penjual dan pembeli.
2.Memasuki awal tahun 1990 an kegiatan bisnis, khususnya pemasaran tidak lagi mencakup kegitan strategi pemasaran tradisisonal, malainkan mencakup pada strategis pemasaran modern dengan konsep 4P yaitu product (produk), price(harga), place(tempat), dan promotion (promosi) kemunculan stategis 4P Yang menandai munculnya komunikasi pemasaran terpadu dengan tidak hanya mengunakan iklan melainkan menggunakan PR.
3.Komunikasi pemasaran dipelajari untuk membangun komunikasi antar penjual kepada pembeli agar mereka mau membeli produk yang kami pasarkan kepada konsumen. Sebagai sarana untuk menawarkan suatu barang kepada calon konsumen. Komunikasi pemasaran juga dapat mendekatkan konsumen terhadap produk yang akan di jual. Bahkan bias menjadi sarana bertukar pendapat dan memberi kritik dan saran yang membangun untuk memajukan produk dagangan kita. Ada 3 cara untuk melakukan interakasi dengan calon pembeli :
Face to face komunikasi langsung antara penjual dan pembeli. Komunikasi yang memperkenalkan langsung produk dan menawarkan produk kepada calon konsumen
Media cetak komunikasi melalui media cetak untuk memasarkan suatu produk. Komunikasi yang dilakukan dengan media ini kita perlu membutuhkan dana untuk melakukan pola media cetak ini seperti brosur, koran, majalah, dan spanduk
Internet menjadi salah satu saran untuk memperkenalkan produk kita kepada para konsumen
4.Konsep inti pemasaran :
Kebutuhan, keingainan, permintan
Produk (barang dan jasa )
Nilai, biaya, dan kepuasan
Pertukaran dan transaksi
Hubungan dan jaringan
Pasar
Pemasar dan pembeli
5.Di zaman yang semakin modern ini tentunya saja banyak sekali hal yang berkembang semakin maju salah satu dalam basis periklanan atau promosi suatu produk atau jasa. Jika dahulu kita masih mengandalkan promosi secara manual dari mulut ke mulut, menyebarkan brosur dan lain – lain. Pada era digital seperti sekarang ini kita dapat dengan mudah memasrkan barang atau produk yang kita jual ke masyarakat yang lebih luas dan juga menjangkau pasaran yang lebih besar. Kita bisa menjual barang atau produk bisa melalu aplikasi seprti shoppe, toko pedia, lazada,bukalapak blibli.com, dan JD.ID. Dari semua metode pemasaran ini, pastikan anda sudah memiliki gambaran metode yang aman yang pas yang bisa kalian terapkan untuk bisnis anda .
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusNama : Ari Fradita Dewi Susanti
BalasHapusNim : 182022000001
Kelas : B1 / Semester 4
1. Konsep Pemasaran : adalah untuk mencapai tujuan organisasi tergantung pada penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran dengan memuaskan pelanggan secara lebih efektif dan efisien daripada yang dilakukan pesaing.
Pasar : adalah orang-orang yang mempunyai kebutuhan dan keinginan untuk puas, uang untuk berbelanja dan kemauan untuk membelanjakannya.
Pemasar : adalah individu yang melakukan kegiatan pemasaran.
2. Perkembangan pemasaran bermula ketika tahun 1900 terjadi sebuah revolusi industri secara besar-besaran dan mengubah cara atau perilaku masyarakat. Dimana sebelum terjadinya revolusi masyarakat masih mengenal cara berbisnis dengan ciri utama merkantilis atau berdagang, maka setelah revolusi perilaku bisnis masyarakat berubah menjadi kapitalis. Keadaan berubah menjadi kapitalis dikarenakan munculnya kekuatan baru didunia perdagangan, dimana banyak orang-orang yang memiliki uang yang banyak menggunakan uang mereka sebagai modal untuk membangun pabrik dan perusahaan. Tujuannya tidak lain adalah untuk memproduksi barang secara lebih cepat dan memperdagangkannya.
3. -Melakukan interaksi dengan calon konsumen dengan cara face to face maupun media sosial.
-Memfokuskan pada fungsi pemasaran
-Memfokuskn pada gaya hidup calon konsumen
- Menekankan pada nilai yang ditawarkan
-Menggunakan kalima yang menyentu emosi
-Terus melakukan komunikasi dengan calon konsumen
4. –The Production concept (konsep produksi)
-The Product concept (konsep produk)
-The Selling concept (konsep penjualan)
-The Marketing concept (konsep pemasaran)
-The Customer concept (konsep pelanggan)
-The Societal Marketing concept (konsep pemasaran sosial)
5. Pemasar memilih media sebagai saluran komuikasi karena dinilai biaya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk media tradisional, contoh seperti pmasar sebagai pemasang iklan cukup membayar sesuai dengan seberapa banyak orang yang membuka iklan mereka. Dibandingkan dengan media tradisional yang mengharuskan mereka membayar satu slot iklan yang harganya telah ditentukan oleh si pemiliki saluran.
Nama : Devina Finny M
BalasHapusNIM : 182022000109
Kelas : B1 (Semester 4)
Matkul : Komunikasi Pemasaran
Jawab !
1. Konsep pemasaran : menyatakan bahwa kunci meraih tujuan perusahaan adalah memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen. Pemasaran bersandar pada empat pilar, yaitu pasar sasaran, kebutuhan pelanggan, pemasaran terintegrasi, dan profitabilitas.
Konsep pasar : menyatakan bahwa konsumen membeli produk jika perusahaan melakukan promosi dan penjualan yang menonjol.
Konsep pemasar : menyatakan bahwa seseorang yang mencari satu atau lebih calon pembeli yang akan terlibat dalam pertukaran nilai.
2. Dari Surat Pos (Direct-Mail) Menuju Surat Elektronik (E-Mail), Pemasaran Surat Pos atau Direct-Mail adalah usaha pemasaran dengan menggunakan media berupa kartu pos, brosur, surat, dan selebaran yang dikirim melalui pos atau kurir. Namun, pemasaran direct-Mail terkesan mahal karena bisnis mengeluarkan desain dan biaya pencetakan serta biaya pengiriman. Dari Cetak (Print) Menuju Blog atau Situs Web, Pemasaran cetak atau print adalah tipe pemasaran yang menggunakan media surat kabar atau majalah dalam mempromosikan produk. Sebagai strategi pemasaran masal, iklan cetak menggapai kelas pelanggan yang lebih luas dan berbeda-beda secara acak. Di majalah, pemasaran cetak menjangkau segmen pelanggan yang terkategori secara spesifik. Seperti wanita, ayah, remaja, pecinta mobil, dan lainnya. Namun, seiring dengan berkembangnya teknologi informasi, media cetak sudah semakin ditinggalkan oleh publik. Bahkan beberapa perusahaan media berbasis cetak sudah beralih ke Blog atau web. Dari Siaran Televisi (Broadcasting) Menuju Online Video Advertising, Televisi dan radio adalah media yang dipakai dalam strategi pemasaran tradisional dan masih banyak digunakan saat ini. Pemasaran siaran menjangkau banyak pelanggan dalam jangka waktu terbatas. Media siaran menyampaikan pesan pemasaran melalui komunikasi secara lisan dan visual. Dalam usaha pemasaran berbasis visual, dewasa ini bisnis atau perusahaan sudah beralih menuju fitur Online Video Advertising. Fitur ini mewadahi bisnis untuk meluncurkan video pemasaran di berbagai kanal video online. Dari Telepon Menuju Gadget atau Smartphone, Sebelum era Handphone dan Smartphone menjamur, penggunaan telepon sebagai alat komunikasi jarak jauh masih digandrungi oleh publik. Menghubungi kerabat, reservasi restoran, dan tentunya melancarkan kegiatan pemasaran bisa dilakukan dengan menggunakan media telepon. Teknik ini pun masih digunakan oleh beberapa bisnis dan perusahaan sampai saat ini untuk menghubungi pelanggannya. Dibandingkan sekarang, publik sudah sangat tergantung oleh gadget atau smartphone akibat fleksibilitas dan berbagai kemudahan yang ditawarkan.
3. Melakukan interaksi secara intens dengan calon pembeli seperti face to face, melalui media cetak, internet. Fokus pada fungsi komunikasi pemasaran. Menentukan tujuan komunikasi.
4. Kebutuhan, Keinginan, dan Permintaan. Pasar Sasaran, Positioning dan Segmentasi. Penawaran dan Merek. Nilai dan Kepuasan.
5. Salah satu kunci sukses bagi seluruh bisnis dengan mengenal pelanggannya lebih dekat. Sosial media membuat proses pengenalan ini menjadi lebih mudah dibandingkan dengan sebelumnya. Dengan perangkat pendukung yang ada, kini bisa mengetahui dengan terperinci mengenai siapa saja konsumen, bahasa yang mereka gunakan, rentang usia, bahkan jenis kelamin dari sosial media. Informasi ini dapat membantu proses branding dan promosi kepada target konsumen yang tepat. Pelaku bisnis melihat bahwa pengguna internet menjadi sasaran empuk untuk bisnisnya ke depan. Pada era sekarang ini semakin lama semakin banyak yang menggunakan media sosial. Melihat jumlah pengguna yang semakin banyak, media sosial bisa menjadi lahan untuk menaikkan profit serta memperlebar sayap bisnis. Periklanan digital mulai menjadi tren di era internet. Para pemilik merek mulai menjadikan media digital sebagai media promosi dan pemasaran yang baru. Pada dasarnya media sosial telah mengubah bagaimana konsumen berinteraksi dan bagaimana perusahaan memasarkan produk.
Usman khamdani / 162022000130
BalasHapusIlmu komunikasi - SMT 4 B1
Semiotika berasal dari bahasa Yunani “semeion” yang berarti tanda. Tanda-tanda tersebut
menyampaikan suatu informasi sehingga bersifat komunikatf, mampu menggantikan suatu yang lain
(stand for something else) yang dapat dipikirkan atau dibayangkan. Dalam perkembangan muncul tiga
aliran dalam semiotika yaitu aliran semiotika komunikatif, konotatif, dan ekspnsif. Berdasarkan
dasarnya (ground) tanda (sign) dibagi menjadi tiga jenis yaitu Qualisign, Sinsign, dan Legisign. Sedang
berdasarkan jenisnya dibedakan menjadi ikon (icon), indeks (index, indice), dan simbol/lambang
(symbol). Semiotika arsitektur mengajak kita untuk merenungkan berbagai hal yang terkait dalam
bentuk arsitektur dan susunan tata ruang. Arsitek berkeinginan mengajak masyarakat awam untuk
memahami karyana dengan cara berkomunikasi, oleh sebab itu diperlukan pemahaman dan
pemakaian semiotika yang merupakan studi hubungan antara sign (tanda) dan bagaimana manusia
memberikan meaning (arti). Berdasarkan semiotika, arsitektur dapat dianggap sebagai “teks”. Sebagai
teks arsitektur dapat disusun sebagai “tata bahasa” (gramatika). Dalam semiotika arsitektur pesan
yang terkadung (signified) dalam obyek terbentuk dari hubungan antara pemberi tanda (signifier) dan
fungsi nyata atau sifat benda. Indeks merupakan sesuatu yang mempunyai hubungan menyatu dan
bersebab-akibat antaraa signifier dan signified. Ikon adalah tanda yang menyerupai obyek yang
diwakilinya atau menggunakan kesamaan ciri-ciri dengan apa yang dimaksud. Arti dari sebuah simbol
adalah berdasarkan atas suatu kesepakatan atau konvensi. Jadi dalam sebuah simbol terdapat
hubungan yang bebas antara the signified (arti yang dimaksud) dengan the signifier (rupa tanda).
Melalui unsur komunikasi dalam Arsitektur arsitek menjadi lebih dekat dengan konteks geografis dan
budaya setempat sehingga masyarakat tidak merasa asing dengan lingkungan binaannya sendiri.